TAHAPAN BUDIDAYA KAKAO UNTUK ANDA PENGUSAHA PERTANIAN DI PADI UMKM

Tahapan teknik budidaya yang dapat dilakukan oleh pengusaha jasa pertanian kakao yaitu sebagai berikut yang dikutip dari pak tani digital com.

Tahapan pertama Teknik budidaya kakao untuk anda calon pengusaha jasa pertanian di PaDi UMKM yaitu Pembibitan, Varietas atau klon kakao yang dianjurkan yaitu Klon ICS 13, Klon ICS 60, GC 7, Hibrida, RCC 70, RCC 71, RCC 72, RCC 73, dan TSH 858. Lokasi pembibitan dilakukan di dekat sumber air dan lahan penanaman kakao. Campuran media tanam berupa tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan rasio 1:1:1. Bedengan dapat dibuat dari daun kelapa atau daun tebu, dengan ukuran 1,5 x 1,2 meter serta atur bedengan agar mendapatkan intensitas cahaya sekitar 30-50 %. Penyiraman bibit dilakukan setiap hari atau disesuaikan dengan kondisi cuaca. Pemupukan dengan urea dilakukan setiap 2 minggu sekali. Bibit sudah bisa dipindahkan ke kebun jika telah berumur 3-5 bulan setelah tanam, tinggi 40-60 cm, jumlah daun 12 lembar, dan diameter batang 0,7 – 1 cm

Tahapan kedua Teknik budidaya kakao untuk anda calon pengusaha jasa pertanian di PaDi UMKM yaitu Persiapan Lahan, Pembukaan lahan dilakukan secara selektif, yang disesuaikan dengan jenis tanaman pada areal lahan sebelumnya, serta pembukaan lahan secara aman dan ramah lingkungan. Biasanya jarak tanam yang bisa diterapkan yaitu 3 x 3 meter dan 4 x 2 meter.

Tahapan ketiga Teknik budidaya kakao untuk anda calon pengusaha jasa pertanian di PaDi UMKM yaitu Penanaman, Lubang tanaman berisi pupuk hijau atau pupuk kandang, lalu ditutup sebelum ditanam bibit kakao. Bibit kakao baru ditanam apabila pohon penaung telah berfungsi dengan baik, dimana intensitas cahaya yang didapatkan yaitu 30-50% dari cahaya langsung.

Tahapan keempat Teknik budidaya kakao untuk anda calon pengusaha jasa pertanian di PaDi UMKM yaitu Perawatan, Lakukan pemupukan ntuk tanaman kakao dengan menggunakan Urea, ZA, TSP, SP-36. KCl, Kiserit, dan Dolomit. Lalu, lakukan juga pemangkasan.

Tahapan kelima Teknik budidaya kakao untuk anda calon pengusaha jasa pertanian di PaDi UMKM yaitu Pemanenan, Pemanenan dilakukan ketika buah sudah masak yakni umur 4,5 – 6 bulan yang ditandai dengan perubahan warna kulit buah. Buah dipetik dengan memakai gunting, pisau, atau pisau bergalah. Buah dipecah, kemudian bijinya dikumpulkan dalam wadah dan dibawa ke pengolahan.

Tahapan keenam Teknik budidaya kakao untuk anda calon pengusaha jasa pertanian di PaDi UMKM yaitu Pasca Panen, Inti pengolahan biji kakao, yaitu proses terbentuknya bakal cita rasa khas coklat, mengurangi rasa pahit, dan memperbaiki bentuk fisik biji. Agar biji kakao layak diekspor di pasar Internasional, lakukan proses fermentasi selama 5-7 hari untuk kakao lindak dan 3-4 hari untuk kakao mulia, dengan tahap pembalikan biji satu kali setelah 48 jam. Tanda fermentasi berhasil apabila biji tampak agak kering (lembab), berwarna coklat dan berbau asam cuka, lendir mudah dilepas, dan penampang biji tampak seperti cincin berwarna coklat jika dipotong melintang.

Tanda fermentasi yang kurang baik adalah biji kakao yang dihasilkan berwarna keabu-abuan Setelah proses fermentasi, lakukan pengeringan yang bertujuan menurunkan kadar air dampai 6-7 %. Tanda biji kakao sudah kering yaitu mudah patah atau rapuh, beratnya 1/3 berat basah. Setelah biji kering, lakukan pengemasan dalam wadah yang kuat dan bersih, lalu disimpan pada ruang yang tidak lembab dan cukup udara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *