Contoh Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak Manusia

Sistem gerak pada manusia memang merupakan salah satu poin penting demi berlangsungnya kehidupan. Merupakan salah satu ciri makhluk hidup, yaitu bergerak. Sistem gerak manusia tentunya terbagi menjadi dua, yaitu sistem gerak aktif dan juga sistem gerak pasif. Namun ada juga yang bertugas menggabungkan keduanya, yaitu sendi.

Sistem gerak pada manusia yang termasuk alat gerak pasif adalah tulang, sedangkan yang termasuk alat gerak aktif ialah otot. Keduanya sudah pasti saling melengkapi demi menyusun sistem gerak manusia agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Layaknya organ tubuh lainnya, sistem gerak manusia juga membutuhkan perawatan agar terhindar dari penyakit yang menyerang sistem gerak manusia.

Berikut Contoh Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak Manusia

Osteoporosis

Penyakit yang banyak orang lain rasakan dalam sistem gerak ialah osteoporosis. Banyak yang telah mengetahui bahwa osteoporosis merupakan kelainan yang menyerang organ gerak, yaitu tulang. Penderita osteoporosis biasanya berusia sekitar 30 tahun ke atas. Namun tidak jarang beberapa remaja juga dapat terkena penyakit osteoporosis.

Penyakit ini dapat anda cegah mulai dari sekarang dan sedini mungkin. Pengeroposan tulang atau osteoporosis dapat anda lakukan dengan mengonsumsi makanan dan juga minuman yang tinggi kalsium. Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga di bawah sinar matahari pagi.

Atrofi

Penyakit yang merupakan suatu keadaan di mana otot menyusut bahkan menipis dikarenakan hilangnya massa otot. Akibatnya penurunan ukuran otot serta kekuatannya juga akan berkurang. Atrofi pada umumnya juga terjadi karena masalah otot lainnya, baik secara internal maupun eksternal.

Distrofi

Apabila atrofi lebih cenderung menyerang  orang dewasa, berbeda dengan distrofi yang memang pada dasarnya cenderung menyerang anak anak. Ciri-cirinya yaitu mereka lebih sering jatuh, ukuran semakin mengecil, perkembangan motorik yang terhambat, serta gejala-gejala penurunan fungsi organ lainnya.

Polio

Penyakit selanjutnya yang menyerang sistem gerak pada manusia berupa polio. Penyakit ini berasal dari virus yang sebenarnya sangat berbahaya. Polio dapat juga berujung pada kelumpuhan bila tidak terdeteksi sejak dini. Sebagai bentuk pencegahan, pemerintah juga mengadakan wajib imunisasi polio saat anak anak masih balita.

Rakitis

Kelainan tulang selanjutnya ialah rakitis. Merupakan sebuah penyakit karena kurangnya vitamin D. Sebagian besar penyakit ini terjadi pada usia anak-anak. Sebagai bentuk pencegahan dapat anda lakukan dengan sering mengajak anak berjemur di bawah sinar matahari pagi yang hangat. Hal ini juga menambah asupan vitamin D dan juga imun tubuh agar semakin tangguh.

Beberapa contoh kelainan yang menyerang sistem gerak manusia di atas dapat anda jadikan refrensi agar senantiasa menjaga kesehatan. Selalu terapkan pola hidup sehat, agar nantinya anda dapat menikmati kesehatan hingga masa tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.